Cara yang Efektif untuk Mengajari Anak Membaca

Membaca adalah keterampilan penting yang harus dikuasai anak-anak. Tidak hanya memastikan keberhasilan di sekolah ketika pembelajaran di kelas beralih dari belajar membaca ke membaca untuk belajar, tetapi juga penting untuk kesuksesan karier di kemudian hari. Pada dasarnya setiap kemampuan membaca anak memang berbeda-beda, tak jarang para orangtua mematokan umur sebagai tolak ukur dari kemampuan anak, seperti membaca. Tapi, para orangtua juga parut khawatir apabila anak berusia 7 tahun belum bisa membaca, sebab meraka akan memasuki pendidikan sekolah dasar. Orangtua juga harus mencari tau apa penyebab sang anak mengalami kendala membaca. 

Dikutip dari Additudemag.com, Umumnya anak dapat membaca ketika sudah memasuki usia 6-7tahun. Keterampilan membaca pada anak membutuhkan persiapan. Sebagai permulaan, perlu diperhatikan bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan maka buatlah suasana membaca dirumah menjadi menyenangkan.

Membaca Bersama

Anak biasanya memantau dan meniru kegiatan yang dilakukan oleh orangtuanya, apabila orangtua dapat membarikan contoh kepada anak untuk sering membaca, maka pelan-pelan anak akan mulai meniru. Pada saat itu ajak anak untuk membaca buku bersama.

Ajak anak untuk duduk bersama dan mendengarkan bacaan yang anda bacakan. Bacakan buku cerita sejak dini sebagai bentuk perkenalan si kecil terhadap buku dan literasi. Kamu juga bisa mengajaknya ke perpustakaan atau toko buku dan memilih buku yang kira-kira ia sukai. Setelah itu kamu dapat membaca buku tersebut bersama-sama dengan anak.

Memperkenalkan huruf

Jika sang anak belum sama sekali mengenali huruf atau kurang menguasai, langkah yang anda harus lakukan sebagai orangtua adalah membantunya mengenali huruf dari A-Z. Buat anak hafal ketika menjumpai huruf dan suruh anak mengucapkan huruf tersebut agar lebih mudah mengingatnya. Pastikan bahwa anak mengucapkan huruf tersebut dengan benar. 

Ada cara agar anak dapat menghafal huruf dengan cepat, bisa dengan menggunakan lagu dan membuat permainan. Buatlah permainan seperti menempel sticker angka di dinding, menaruh benda sesuai dengan hurufnya, dan lain-lain. Gunakan cara yang menyenangkan agar anak tertarik untuk membaca dan mengenal huruf.

Membuat jadwal membaca setiap hari

Membaca juga perlu dilatih, tidak bisa anak yang tidak biasa membaca lalu dipaksa membaca begitu saja, perlu menjadwalkan kegiatan membaca anak setiap hari agar anak terbiasa untuk membaca dan menyukai baca dan buatlah membaca menjadi rutinitas sehari-harinya agar dia terbiasa dengan hal tersebut. 

Dalam membuat jadwal diperlukan juga kesabaran karena bukan hal mudah bagi para orangtua untuk mengubah rutinitas anak, terlebih dalam membaca. Orangtua harus tekun dalam mengajari anak membaca setiap harınya. Ajari secara perlahan-lahan dan rutin, lalu berikan anak dukungan dan kepercayaan diri bahwa membaca itu menyenangkan dan hal yang dilakukannya tersebut adalah hal yang hebat.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.