Kenali 4 Tanda Bayi Mulai Belajar Hal Baru

Si kecil sudah mulai bisa apa saja? Mulai suka menggerakkan tubuhnya? Memegang tubuhnya atau mulai mengutak-atik mainannya? Tahukah kamu jika cara inilah si bayi untuk belajar. Mengenal hal baru dan bertingkah lucu. Hmm, jelas menggemaskan. Maka, pahami tingkahnya dan kenali proses belajarnya.

Sebagai orangtua tentu kamu ingin memberikan yang terbaik. Dengan mengetahui tumbuh kembang anak, maka kamu bisa mempersiapkan segala kebutuhan anak. Berikut ini adalah perilaku bayi yang mengindikasikan jika ia sedang mulai belajar hal yang baru. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Ia batuk tanpa sebab yang jelas

Pernah merasa kaget saat si kecil tiba-tiba batuk tanpa alasan yang jelas? Nah, tidak perlu bingung. Saat bayi batuk ia sedang menarik perhatianmu. Maka dekati dia dan peluk ia. Hal ini akan membuatnya merasa nyaman dan merasakan kehadiranmu.

Memagang bagian tubuhnya

Ia gemar memegang bagian tubuhnya, kaku, jari tangan, jari kaki dan bagian tubuhnya yang lain. Hal ini menunjukkan jika ia sedang bermain-main dengan bagian tubuhnya.Jadi jangan kaget saat si kecil tiba-tiba tertarik untuk memegang jari kakinya.

Memainkan benda dan mengoceh adalah cara bayi untuk belajar

Gemar memainkan benda di sekitarnya

Saat berada di tempat baru ia tak lagi fokus pada mainannya. Ia akan bermain-main dengan benda baru yang ia lihat. Misalnya lembar tisu atau bahkan lembar majalah yang ada di dekatnya.

Saat bayi melakukan hal ini, pahami jika ia sedang proses belajar. Jangan sedikit-sedikit melarangnya.

Mengoceh dan bergumam tidak jelas

Jika di tiga bulan pertama bayi sudah bisa menggumam dan berteriak dengan satu suku kata dan menonjolkan vokal, di trimester kedua ini, mereka sudah mulai bisa mengoceh, cenderung dengan ucapan yang dibentuk dari bibir, seperti ‘ba-ba’. Mereka akan lebih jarang menangis, dan mulai bisa menjelaskan sesuatu dengan cara mengucapkannya, dibarengi dengan bahasa tubuh.

Nah, makin seru bukan mengetahui perkembangan si kecil. Selamat menikmati awal menjadi seorang ibu.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.