Liburan di Kapal Pesiar, Hindari Makanan Ini agar Tak Mual dan Mulas

Kapal pesiar tak hanya menawarkan pengalaman berwisata di tengah lautan, tapi juga pengalaman kuliner yang kaya. Makanan dan minuman yang ditawarkan tak kalah dengan restoran di hotel, bahkan ada kapal dengan koki berbintang Michelin.

Meskipun menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa, ada beberapa makanan atau minuman yang perlu dihindari penumpang selama di atas kapal. Alasannya, makanan dan minuman ini bisa mengganggu pencernaan yang ujungnya merusak suasana liburan.

Menurut para ahli, inilah makanan yang harus dihindari selama di kapal pesiar.

1. Jangan makan pedas

Menurut Nancy Mitchell, perawat dan penulis kontributor di Assisted Living Center, wisatawan perlu menghindari makanan tinggi lemak dan pedas yang bisa mengiritasi lapisan perut dan memperburuk mual. “Pencernaan bisa jauh lebih lambat untuk orang dengan masalah pencernaan, dan makanan berminyak cenderung memperparahnya,” kata dia.

2. Jangan lupa minum air putih 

Selama berlayar, ada godaan untuk mengganti air putih dengan minuman tropis dengan hiasan payung kecil. Tetapi Mitchell mengingatkan bahwa mengonsumsi banyak air dapat membantu mengurangi kemungkinan dehidrasi dan sakit kepala, yang berhubungan dengan mabuk laut.

“Bawalah beberapa permen mint atau minuman jahe ringan jika mulai merasa mual, ini bagus untuk menghilangkan gejala mual,” kata dia.

3. Lewatkan makanan yang mengganggu pencernaan

Sekarang bukan waktu yang tepat untuk mencoba kembali makanan yang pernah membuat merasa tidak nyaman. DJ Mazzoni, ahli diet bersertifikat menyarankan makan makanan yang biasa agar tidak berisiko mulas. “Jangan makan makanan yang telah menjadi pemicu di masa lalu atau yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya,” kata Mazzoni. “Kkeracunan makanan di kapal pesiar sangat tidak nyaman, karena berpotensi menjadi mabuk laut, jadi yang terbaik adalah bermain aman.”

4. Hindari alkohol

Tip ini mungkin jelas, tetapi perlu disebutkan. Hindari minuman keras jika merasa mual. “Jangan minum alkohol jika mabuk laut karena dapat menyebabkan pusing dan muntah,” kata Mazzoni.

5. Nikmati makanan liburan

Ada baiknya menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan mabuk di kapal pesiar, tetapi ingatlah bahwa ini sedang liburan, jadi nikmati makanan yang disukai. “Makan apa yang benar-benar Anda sukai, dan lewati apa yang tidak Anda sukai,” kata Aimee Takamura, direktur kesehatan dan keberlanjutan di Restaurant Associates dan ahli diet terdaftar. Tapi dia mengingatkan agar mendengarkan tubuh, makanlah saat lapar dan berhentilah saat kenyang. “Nikmati makanan yang membuat Anda bahagia, dan bersyukurlah bahwa Anda bisa.”

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.